TIPS MENYUBURKAN TANAMAN DENGAN PUPUK BUATAN SENDIRI

Anda Berada di: Beranda

Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Riau

Indonesian English
.:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau ::.
HASIL PERTANIAN

Informasi Harga Hasil Pertanian

Harga Terbaru

HARGA SAYUR - MAYUR

NO KOMODITI ASAL Harga
(Rp/Kg)
1 2 3 4
       
1 Bawang merah dalam ikatan Jawa Tengah 40.000
2 Bawang prei Bukittinggi 5.667
3 B u n c i s Bukittinggi 9.333
4 Cabe merah keriting Jawa Tengah 30.000
5 Kentang Kerinci 8.833
6 Kol Gepeng Alahan panjang 3.167
7 Kol Bunga Bukittinggi 10.667
8 Labu siam Bukittinggi 3.000
9 Sayur manis Bukittinggi 5.333
10 Sawi panjang Bukittinggi 5.000
11 Seledri Bukittinggi 17.000
12 T e r o n g Bukittinggi 4.000
13 T o m a t Solok 5.333
14 Wortel Bukittinggi 9.667
15 Beras Anak Daro
Sumatera Barat 9.000
16 Beras Pandan Wangi Sumatera Barat 9.100
17 Jagung Kuning pipilan Sumatera Barat 4.000
18 Kacang Tanah wose India 15.150
19 Kacang Hijau Medan 12.650
20 Kacang Kedelai Amerika 8.000
       
Sumber :    
  Petugas Pencatat Harga Pasar, Distan Riau  
DATA STATISTIK
   
Padi
Palawija
Buah
Sayuran
Tanaman Hias
View details ...

Agenda Dinas

Rapat Persiapan Penyusunan angka ramalan (Aram) II tahun 2013 Pekanbaru, Rapat persiapan Penyusunan angka ramalan (Aram) II tahun 2013 Produksi Tanaman Pangan Tahun Anggaran 2013, dihadiri oleh Petugas dari Kabupaten/ kota se Provinsi Riau yang dilaksanakan di Dyan Graha Hotel Pekanbaru tanggal, 26-27 september 2013.

UPT Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau bekerjasama dengan Balai Pelatihan Pertanian Jambi akan melaksanakan Diklat PUAP bagi Pengurus Gapoktan Penerima BLM-PUAP Tahun 2012 dari tanggal 25 s.d 29 Maret 2013 sebanyak 4 angkatan (Angkatan 5,6,7 dan 8).

Alokasi calon peserta Diklat sesuai dengan SK Menteri Pertanian Tahap 9, 10, 11, 12, 13 dan 14 sebanyak 132 (seratus tigapuluh dua), dengan rincian sbb :

1. Kab. Kuantan Singingi (50 orang)
2. Kab. Siak (32 orang)
3. Bengkalis (18 orang)
4. Kampar (12 orang)
5. Indragiri Hilir (8 orang)
6. Rokan Hulu (6 orang)
7. Rokan Hilir (4 orang)
8. Dumai (2 orang)

Setiap Gapoktan mengirim 2 (dua) orang Pengurus yaitu Ketua dan Bendahara, apabila berhalangan salah satu diantaranya dapat digantikan oleh Sekretaris

Diharapkan calon peserta Diklat telah hadir pada hari Minggu tanggal 24 Maret 2013 Pukul 16.00 WIB di UPT Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Jln.Kaharuddin Nasution No.339 Pekanbaru

Pekanbaru, Kunjungan kerja Menteri Pertanian RI dalam rangka Pembukaan Pelatihan Pertanian Terpadu di desa Kubang Jaya Kec. Siak Hulu dan di lanjutkan acara Penanaman dan Penangkaran Benih di BBI Padi Padang Marpoyan Pekanbaru Riau pada tanggal. 11 Februari 2012.

TIPS MENYUBURKAN TANAMAN DENGAN PUPUK BUATAN SENDIRI

Tanaman, terutama yang ditanam di dalam pot, untuk membantu pertumbuhannya harus diberi pupuk secara teratur. Hal ini disebabkan tanaman di dalam pot tidak bisa mencari makanannya sendiri karena terbatasi oleh pot. Untuk memberikan pupuk pada tanaman pot, bisa dengan membeli bermacam-macam pupuk yang dijual di toko pertanian atau bisa juga dengan bahan murah meriah yang ada di dapur anda, seperti berikut ini:

  • Agar-agar. Agar-agar dapat menyuburkan tanaman terutama tanaman hijau. Cara pembuatan adalah dengan mencampur 1-2 sendok makan agar-agar bubuk yang dilarutkan dalam segelas air panas. Setelah agar-agar larut, campur larutan agar-agar ini ke dalam 3 gelas air dan aduk rata. Setelah larutan diaduk rata, siramkan ke akar tanaman anda.
  • Abu dari kayu bakar. Bila Anda memiliki ranting-ranting kering atau sampah kayu lainnya, bisa memanfaatkan abu dari hasil pembakaran kayu tersebut untuk menyuburkan tanaman Anda terutama tanaman mawar.
  • Vetsin atau bubuk penyedap makanan. Taburkan vetsin atau bubuk penyedap makanan ini di sekitar akar tanaman kemudian siram. Atau bisa juga dengan cara melarutkan vetsin dengan air terlebih dahulu, baru kemudian disiramkan ke dekat akar tanaman.
  • Kulit bawang. Kupasan kulit bawang merah, bawang putih atau bawang bombay direndam dalam air semalaman. Esok harinya air rendaman berikut kulit bawangnya dapat disiramkan ke tanaman.
  • Ampas teh. Bila Anda meminum teh secara teratur, jangan langsung buang ampas tehnya. Rendam ampas teh dengan air semalaman dan esok harinya rendaman teh dapat disiramkan ke tanaman pot Anda.
  • Kulit telur. Kulit telur ditumbuk halus beserta dengan arang. Kulit telur yang telah ditumbuk dan dicampur dengan arang ini dapat langsung ditaburkan ke dekat akar lalu disiram agar larut ke dalam tanah. Selain kulit telur, air bekas rebusan telur pun dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Siramkan air bekas rebusan telur yang sudah didinginkan ke akar tanaman.
  • Kulit Pisang. Simpanlah selama beberapa hari hingga kulit pisang berwarna kecoklatan dan tampak kering. Tumbuk kulit pisang hingga lembut, lalu taburkan tiap pagi dan sore pada tanaman.
  • Sisa obat-obatan. Obat-obatan yang berbentuk tablet yang sudah tidak dimakan atau kadaluarsa  ditumbuk hingga halus. Untuk yang berbentuk kapsul, hanya diambil isinya saja. Obat-obatan yang sudah ditumbuk halus ini dapat langsung ditaburkan pada tanaman Anda dan disiram agar larut.
Jangan lupa bahwa untuk hasil yang optimal, tanaman dalam pot harus dipupuk secara teratur. Lakukan prosedur pemupukan minimal seminggu sekali untuk melihat hasil yang memuaskan.
 

SEKRETARIS DISTAN RIAU

Kalender

November

1

Sabtu

Informasi Links

 
 

Makanan Olahan Hasil Pertanian

Suplemen Pertanian

Budidaya dan Pemanfaatan Tanaman

Teknologi Pertanian

TEPUNG MOCAF PRODUK KETAHANAN PANGAN MASA DEPAN

article thumbnail

 TEPUNG MOCAF (MODIFIED CASSAVA FLOUR) SEBAGAI PRODUK KETAHANAN PANGAN MASA DEPAN PENGERTIAN MOCAF MOCAF adalah produk tepung dari ubi kayu (Manihot esculenta crantz) yang diproses menggunakan [ ... ]


Sekapur Sirih Kadis Distan Riau

Video Informasi Pertanian



Get the Flash Player to see this player.

time2online Extensions: Simple Video Flash Player Module

Komoditi Pertanian Riau

galerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigaleri

Polling Masyarakat

Bagaimana kualitas pelayanan Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Riau ?
 

Baca Informasi

Trafik Pengunjung

673990
Hari iniHari ini133
KemarinKemarin539
Minggu iniMinggu ini3542
Bulan iniBulan ini133
Total Semua PengunjungTotal Semua Pengunjung673990

Pengunjung Online

Kami memiliki 6 Tamu online